Rabu, 14 September 2011

Seni Ukir yang Semakin Cantik

Seni ukir kayu adalah seni membentuk gambar atau motif pada obek kayu dengan membentuk cekungan pada obyek. Hasil akhirnya, gambar atau motif yang ingin diciptakan terbentuk dari sekungan-cekungan tersebut. Cekungan ini yang kita kenal dengan nama relief.


Biasanya motif relief ini mengusung tema-tema yang unik. Misalnya hewan, tumbuhan atau manusia. Bahkan beberapa ada yang menirukan gaya lekukan bara api yang melengkung-lengkung indah, kosmos atau masih banyak tema yang lainnya. Penentuan tema ini sepenuhnya tergantung pada se pemahat. Peralatan yang dibutuhkan untuk membentuk suatu karya seni ukir kay cukup sederhana seperti; gergaji, ketam, palu dan paling penting pahat.
Disebutkan bahwa dahulu seni ukir merupakan hasil hasil budaya atau tradisi orang-orang melayu. Seni ini diperkirakan telah berkembang sejak 500 tahun yang lalu. Wow lama juga ya? Disebutkan pula bahwa daerah Kelantan, Melaka dan Negeri Sembilan telah lebih dahulu banyak mengembangkan kesenian ini untuk membuat hiasan tradisional dan hiasan - hiasan yang berada dalam istana.
Saat ini seni ukir kayu sudah banyak dikenal orang. Berbagai motif telah banyak diciptakan oleh seniman seni ukir kayu. Sehingga minat masyarakat terhadap seni ukir kayu semakin meningkat. Saat ini kita sering menjumpai hasil karya seni ukir kayu pada pintu gerbang, alat-alat permainan masa lapang, alat-alat musik baik tradisional maupun modern, perabot seperti almari, katil, kursi, meja, dan kepala perahu yang disebut bangau, alat-alat senjata, peralatan memasak, peralatan pertukangan dan pengangkutan tradisi seperti perahu, kereta kuda dan kereta lembu dll. Menarik bukan?
Saat ini seni ukir kayu juga telah berkembang di berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya yang terkenal adalah Jepara. Daerah ini telah menghasilkan berbagai seni ukir kayu dengan berbagai motif yang tak kalah indahnya dengan karya-karya melayu.

Silakan berkunjung ke http://kreatif09.blogspot.com dan tinggalkan komentar Anda. Komentar yang Anda berikan penting untuk pengembangan blog ini. Terima kasih

0 komentar:

Poskan Komentar

Template by:

Free Blog Templates